Chimul Chimol

follow us

Saturday, 18 April 2015

10 Gerakan Tubuh yang Harus Dihindari saat Interview Kerja


Interview? Sungguh sudah tidak asing lagi bagi seseorang yang sedang membutuhkan Pekerjaan . Tahapan Interview adalah tahapan yang membuat jantung kita terasa melayang bahasa trennya yaitu *deg-deg'an* . Kenapa demikian? Karena di dalam tahapan ini kita harus bersikap baik dan tidak membuat sesuatu yang aneh-aneh agar kita bisa mendapatkan pekerjaan di tempat yang kita inginkan.

Tapi jangan salah, kalau saja kita membuat hal atau gerakan yang aneh tentunya bisa terbaca oleh pihak HRD yang sedang menginterview kita . Dan bisa jadi apa yang kita gerakkan pada saat interview itu membuat kita menjadi tidak lolos interview dan pada akhirnya gagal mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan .

Tapi tenang saja, Ndy Ture - Yandi Adventure akan memberikan Tips bagi anda yang sedang menghadapi tahapan Interview agar anda tidak ceroboh disaat Test wawancara Pekerjaan / Interview . Simaklah berikut ini .

1. Postur Tubuh yang Buruk
Bersandar menunjukkan Anda itu adalah tipe pemalas atau sombong, badan condong ke depan berarti agresif, dan membungkuk mungkin Anda sedikit malas. Sebaiknya, anda duduk tegak dan meluruskan punggung sebisa mungkin.

2. Bersedekap
Menurut ahli psikologi bersedekap adalah sinyal defensif dan resistensi. Sementara menaruh lengan di kedua sisi tubuh berarti anda mudah didekati dan menerima . Sikap inilah yang akan membuat pewawancara Anda tenang dan merasa nyaman berkomunikasi dengan Anda.

3. Menyembunyikan Tangan di Belakang
Menggenggam tangan di belakang punggung mungkin adalah sinyal perlawanan dan bisa juga berarti bahwa Anda menyembunyikan sesuatu. Sangat penting untuk tampak bersikap lebih terbuka dan didekati, jadi usahakan jangan sembunyikan tangan dibelakang punggung Anda.

4. Menunjuk
Menunjuk dan gerakan tangan yang berlebihan bisa dianggap tidak sopan. Anda tentu tidak ingin hal itu terjadi di dalam sebuah wawancara.

5. Mengalihkan Pandangan Mata
Jangan menatap tajam, tetapi cobalah untuk mengimbangi tatapan pewawancara Anda beberapa detik sebelum melepaskan diri. Lakukan ini terutama di awal ketika Anda memperkenalkan diri dan berjabat tangan dengan pewawancara.

6. Mengangguk Berlebihan
Banyak orang mengangguk berlebihan selama wawancara sedang berlangsung untuk mengusir kecemasan dan ingin tampil lebih menyenangkan dan ramah. Cobalah mengangguk sekali atau dua kali dengan senyum tanda bahwa Anda sedang mengiyakan. Tetapi jangan berlebihan karena Anda akan terlihat gugup atau konyol.

7. Gelisah
Berhentilah gelisah. Gelisah akan mengalihkan perhatian pewawancara Anda. Anda pasti ingin mereka untuk fokus pada apa yang Anda katakan bukan pada gerakan tangan atau suara gemerincing uang koin di saku Anda.

8. Ekspresi Wajah yang Tidak Diinginkan
Sangat penting untuk mencocokkan ekspresi wajah dengan nada bicara Anda. Jika Anda ingin mengekspresikan antusiasme Anda bekerja di perusahaan tetapi ekspresi wajah memperlihatkan ini ide yang menyiksa, lupakan untuk direkrut kerja.

9. Gerakan Mata
Gerakan mata yang tak beraturan atau ke atas dan ke bawah menandakan bahwa Anda adalah seorang pembohong atau tidak yakin pada diri Anda sendiri. Sangat penting untuk melihat langsung di mata untuk menyampaikan bahwa Anda punya keyakinan dan kepastian.

10. Menatap
Meskipun kepercayaan diri penting dengan melihat langsung pada mata pewawancara, Anda harus melepaskan diri sesekali. Menatap mata seseorang untuk jangka waktu lama dapat diartikan sebagai agresif, belum lagi menyeramkan.

Itulah Tips dari Ndy Ture bagi anda yang sedang menghadapi Test Wawancara/Interview Pekerjaan. Semoga Interview anda lancar dan anda dapat diterima di Perusahaan yang Anda inginkan.

Blog ini dibuat oleh Yandi Mulyadi.

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:

Show Parser Hide Parser

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.