Chimul Chimol

follow us

Saturday, 24 March 2018

Cara mengatasi masalah pada Android


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Hallo Sobat, kali ini saya akan memposting tentang "Cara mengatasi masalah pada Android". Pernah gak sih ngalamin yang namanya Android tiba-tiba bermasalah? Pasti pernah ya sobat, lalu untuk sobat yang belum tau gimana cara memperbaikinya pasti bingung kan? Tapi tenang, saya akan membagikan caranya supaya sobat bisa paham cara memperbaikinya. Silahkan disimak ya artikelnya 😊

    1. Bagaimana cara menghentikan ponsel Android saya menggunakan data saat di luar negeri?
    2. Salah satu pilihan terbaik yakni aplikasi pihak ketiga yang disebut APNdroid, Aplikasi ini memungkinkan kita menonaktifkan semua koneksi data melalui widget pada homescreen sobat. Aplikasi ini membuat mengubah pengaturan ini jauh lebih cepat daripada menggunakan pengaturan default Android pada panel Setting dan dapat berperan sebagai pengingat ketika sobat melakukan perjalanan berikutnya ke luar negeri.
    3. Ponsel Android saya telah “hang” dan tidak merespons?
    4. Sebuah factory reset biasanya akan dapat memecahkan masalah tersebut, tapi ada metode yang berbeda untuk ponsel yang berbeda . Fast Reboot adalah sebuah aplikasi yang akan melakukan pekerjaan untuk sobat dengan mensimulasikan proses soft reset dan menutup proses yang berjalan dengan satu tap (forced close/paksa berhenti aplikasi).
    5. Saya tidak bisa men-download aplikasi Android dari Google Play ?
    6. Beberapa aplikasi memang dirancang untuk resolusi layar tertentu dan dengan demikian tidak tersedia pada semua ponsel. Ponsel Android high-end cenderung untuk mendukung lebih banyak aplikasi, tetapi ponsel yang berbentuk lanskap terkadang memiliki masalah dengan permainan dan apliksai tertentu.
    7. Wi – Fi smartphone saya sudah aktif tapi tidak dapat konek ke Internet?
    8. Masuk ke menu Wireless & Networks / Wi – Fi Settings dan tekan tombol menu. Pilih menu "Advanced" dan mengubah sleep policy untuk "Never" . Hal ini tampaknya untuk memecahkan masalah bagi kebanyakan orang yang memiliki masalah menjaga koneksi Wi – Fi hidup. Misalkan masih gagal juga, silahkan cek wifi yang sobat sambungkan apakah penggunaan datanya dibatasi/tidak. Karena terkadang tidak bisa konek ke Internet disebabkan dibatasinya koneksi untuk user (disetting oleh pemilik wifi itu sendiri).
    9. Mengapa saya terus kehabisan memori ?
    10. Ada banyak alasan untuk masalah ini, tapi seringkali masalah ini disebabkan cache terlalu penuh. Cache ini secara otomatis dibuat oleh aplikasi yang kita jalankan untuk memungkinkan efisien menjalankan aplikasi. Aplikasi seperti Clean Master/SD Maid memungkinkan sobat membersihkan cache pada aplikasi tertentu untuk membersihkan memori (clean memory) agar lebih leluasa dalam menggunakan aplikasi. Sobat juga bisa menyimpan aplikasi di SD Card dan bukan di memory internal Smartphone sobat (Move to SD Card).
    11. Tagihan internet saya membengkak. Bagaimana saya bisa memonitor penggunaan data saya ?
    12. Ada banyak aplikasi yang mendukung penggunaan data, contohnya yakni My Data Manager. My Data Manager adalah solusi untuk memantau persis penggunaan data yang sobat gunakan. Aplikasi ini memberikan notifikasi ketika sobat mencapai tingkat tertentu dan akan membantu untuk memastikan bahwa tagihan internet sobat tidak akan membengkak lagi (untuk Android 5.0+ tidak perlu karena sudah terinstall langsung dari pabrikannya).
    13. SD card saya tidak terbaca?
    14. Kartu SD Card bisa rusak dan solusi yang paling efektif adalah mencoba untuk memformat mereka menggunakan desktop atau laptop. Menggunakan file explorer, sobat dapat klik kanan dan pilih opsi format. Solusi ini cenderung untuk bekerja lebih baik daripada mencoba untuk memformat pada smartphone itu sendiri (bisa gunakan penghapus yang bersih, contoh: penghapus untuk ulangan seperti faber castle lalu sobat gosokkan dikuningan SD Card secara 1 arah setelah itu ditiup dan dipasang kembali setelah didiamkan kurang lebih 2menit).
    15. Layar saya sulit untuk melihat di bawah sinar matahari terik?
    16. Pilihan terbaik adalah untuk mencari pelindung layar "anti – silau". Bisa gunakan Anti Gores/Anti Spy/Anti Glare (sesuai kebutuhan sobat). Pelindung layar anti silau cenderung lebih kuat dari pelindung bawaan, tetapi akan mengurangi jumlah silau pada layar saat kondisi cahaya ekstrim. Sayangnya tidak ada solusi lengkap untuk ponsel yang meliputi layar tidak mudah dilihat di bawah sinar matahari yang terik. (Untuk Handphone zaman sekarang sudah ada fungsi pengatur kecerahan layar, baik itu secara otomatis maupun manual jadi sepertinya cara ini tidak berlaku lagi).
    17. Lokasi saya tidak selalu akurat dalam peta?
    18. Pergi ke Settings / Location dan pastikan bahwa pilihan "Use GPS satellites" dicentang (Akurasi tinggi). Ini akan memastikan akurasi yang jauh lebih besar ketika menavigasi.
    19. Bagaimana cara mengambil screenshot?
    20. Beberapa ponsel zaman sekarang sudah menyediakan tombol untuk screenshot, biasanya masing – masing ponsel memiliki cara masing – masing. Tetapi apabila Anda tidak mau repot mencari tombol untuk masing – masing ponsel (seringkali tombol berupa kombinasi, misalnya kombinasi volume dan tombol menu), sobat dapat download aplikasi Screenshot Ultimate/Aplikasi sejenis itu dari Google Play. 


Itu adalah beberapa cara mengatasi Masalah pada Android, semoga bermanfaat 😊

Blog ini dibuat oleh Yandi Mulyadi.

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:

Show Parser Hide Parser

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.