Chimul Chimol

follow us

Sunday, 25 March 2018

Update Resmi! SSL (HTTPS) Custom Domain sudah Support di Blogger


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Hallo Sobat, kali ini saya akan memposting tentang "Update Resmi! SSL (HTTPS) Custom Domain sudah Support di Blogger". Setelah sekian lama, saya baru sadar bahwa ternyata Blogspot yang tepatnya yaitu Blogger telah resmi mengupdate bahwa SSL (HTTPS) untuk Custom Domain Blogger (.com, .net, .id, .co.id, dll). Sebenarnya update ini telah lama dirilis, namun saya baru saja mencobanya di Website Chimul dan Akhirnya berhasil. Yatta!! 😊

Lalu apa sih perbedaannya? Yupz, mungkin sebelumnya Website Chimul menggunakan domain http dan sekarang berubah menjadi https, bila di website kamu mungkin jadi seperti ini :

http://blogkamu.blogspot.com
menjadi
https://blogkamu.blogspot.com

Lalu apa sih bedanya http dengan https?
Sebelum kita melihat perbedaannya mari kita tengok arti dari http dan https itu sendiri, cekidot gan! 

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protokol yang mengatur komunikasi antara client dan server. Yang menjadi client adalah web browser atau device lain yang dapat mengakses, menerima dan menampilkan konten web.

Sedangkan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah versi secure dari HTTP yang dikembangkan oleh Netscape Communications Corp.

Sedangkan perbedaannya:

1. Keamanan data yang dikirimkan

HTTP tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server. Sementara HTTPS menjamin keamanan data yang dikirimkan. Berbicara keamanan data, sedikitnya ada 3 aspek yang ditangani oleh HTTPS, yaitu:
- Autentikasi Server, dengan adanya autentikasi server, pengguna yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan server yang ia tuju.
- Kerahasiaan Data, data yang ditransmisikan tidak akan bisa dipahami oleh pihak lain, karena data yang ditransmisikan sudah dienkripsi.
- Integritas Data, data yang sedang ditransmisikan tidak dapat diubah oleh pihak lain, karena akan divalidasi oleh message authentication code (MAC).

2. Port yang digunakan

Untuk melakukan komunikasi, secara default HTTP menggunakan port 80 sedangkan HTTPS menggunakan port 443.

3. Kebutuhan SSL

Secara default, protokol yang digunakan untuk komunikasi client-server adalah HTTP. Sementara untuk dapat menggunakan protokol HTTPS, kita diharuskan memiliki sertifikat SSL. Secure Socket Layers (SSL) adalah teknologi keamanan yang memungkinkan untuk melakukan enkripsi terhadap data yang akan ditransmisikan antara client dan server. SSL memungkinkan kita untuk dapat mengirim informasi penting, seperti nomor kartu kredit dan login credential, dengan aman.

Lalu bagaimana caranya mendaftarkannya di website sobat? Silahkan simak artikel berikut:

1. Login ke akun Blogger sobat yaitu menggunakan draft blogger , lalu akan tampak Homepage Website Blogger kamu atau lebih cepatnya klik link sebelah => https://draft.blogger.com
2. Pilih SETELAN lalu pilih DASAR.
3. Disana akan ada pilihan HTTPS Availability. Pilih Yes. Lalu halaman akan me-reload dengan sendirinya. Artinya settingan sukses.
4. Tunggu sekitar 5-10 menit sampai tulisan warning menghilang.
5. Sudah? Coba reload halamannya. Maka pilihan HTTPS Redirect akan tersedia. Pilihlah Yes. Ini berfungsi agar semua pengunjung akan otomatis dialihkan ke URL yang sudah diset SSL. Maksudnya, kalau ada pengunjung yang hanya mengetik http://chimul.com akan menjadi https://chimul.com
6. Jika sudah selesai, maka website kamu akan ada Icon gembok hijau disebelah kiri url blog sobat.

(+) Kelebihan dan (-) Kekurangan dari Perubahan URL Protokol Blogger Sobat

(+) Kelebihan:
  1. Blog terlihat lebih terpercaya (trusted) di mata browser dan pengunjung.
  2. Blog terlihat lebih profesional. Apalagi selama ini pengguna Blogspot sering kali dipandang sebelah mata oleh segelintir pihak karena cuma numpang di hostingnya Google. Semoga dengan ini stigma tersebut bisa hilang ya.
  3. Dapat meningkatkan score SEO. Dengan HTTPS, ranking blog di Google dan mesin pencari lain akan membaik. Jadi nggak ada salahnya kamu coba untuk mengubah HTTP ke HTTPS di Blogger Custom Domain.

(-) Kekurangan:
  1. Selama masa peralihan dari HTTP ke HTTPS, mungkin traffic akan menurun beberapa hari sampai Google selesai mengindex ulang semua URL blog sobat yang sudah ber-HTTPS.
  2. Terjadinya "Mixed Content", yaitu percampuran antara konten yang menggunakan HTTP dan HTTPS yang mengakibatkan SSL tidak berjalan sempurna (icon gembok warna hijau tidak muncul). Solusinya sobat harus mengganti semua konten yang memiliki URL HTTP ke HTTPS. Misalnya Internal Link, gambar, script eksternal dan sebagainya. Contoh:
    http://tempatgambar.com/banner.jpg
    http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/2.1.4/jquery.min.js
    Ubah menjadi:
    https://tempatgambar.com/banner.jpg
    https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/2.1.4/jquery.min.js
  3. Jumlah share ke media sosial kembali nol karena dianggap URL baru.

Gimana sobat? Sudah paham caranya? Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan komentar dibawah ya 😉

Blog ini dibuat oleh Yandi Mulyadi.

Newest Post
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:

Show Parser Hide Parser

Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.